Thursday, October 4, 2012

AKTING DASAR


Halo sahabat Djiwo Teater..,pada materi kali ini Djiwo akan memposting tentang AKTING DASAR,,,,silahkan di baca dan pelajari baik-baik yaach?

Seorang aktor muncul pertama kali dalam bahasa inggris ini disebut “TEKNIK OF ENTERANCE” yaitu teknik untuk orang yang pertama kali muncul di atas pentas dalam satu sandiwara satu babak atau satu adegan. Barangkali kemunculanaya tatkala pemain-pemainyang lain sudah duluan di atas entas dalam satu adegan, barang kali ia muncul tepat waktu layar di buka, barang kali juga ia muncul pertama kali seorang diri sebagai pemuka.
Teknik muncul ini penting, karena ia lakukan dalam keadaan kesan Imprese menerbitkan keinginan tahunan penonton kepada pemain, bagaiman ia melakukan aktifitas penonton akan lebih menikmati dalam bermain.
Ketika di dalam naskah “PANEMBAHAN RESO” (W.S Rendra). Ada adegan pesta pora di dalam Istana, Jaga Baya buru-buru menghadap Raja membawa surat Panji- Tumbal.
Teknik Meberi Isi Sebuah kalimat akan terasa memounyai kesan Apabila di beri isi ataupun tekanan, dalam bahasa inggris di sebut “THE TECHNIQUE OF PHRASING”.Pada kalimat <GAYANYA ITU> bisa mengandung bermacam-macam pengertian,jika diucapkan dengan cara-cara tertentu, dapat menjadi diri orang yang mengucapkan. Ada tiga macam cara memberikan tekanan pada isi kalimat :
1.       Tekanan Dinamik
Yaitu tekanan keras dalam pengucapan, dalam berbicara biasanya orang akan menekan kata-kata yang dia anggap penting. Misalnya “Saya akan pergi ke kantor”(bukan kerumah)
2.       Tekanan Nada
Yaitu tekanan tinggi rendahnya dalam pengucapan suatu kata. Misalnaya “Apa”(bisa merupakan arti pertanyaan dan bisa pula sebagai teguaran)
3.       Tekanan Tempo
Yaitu cepat dan lambatnaya mengucapakan sebuah kata dalam kalimat. Dan juga berarti ketika digunakan untuk menjelaskan isi pikiran, di suasana sedih tempo akan lambat, dan di suasana senang tempo akan cepat. Misalanaya “saya muak sekali mendengar kata-katanya” (tempo digunakan dengan lambat).”saya senang sekali diterima olehnya” (digunakan dengan cepat). Teknik member isi yang lainnya dengan cara menggunakan ANGGOTA BADAN & BADAN. Pengguna anggota badan dan badan ini dapat menjadi GERAK,AIR MUKA, DAN SIKAP. Yang dimaksud GERAK adalah gerkan anggota badan, pernyataan perasaan dan pikiran meallui gerakan JARI, GENGGAMAN TELAPAK TANGAN, LAMBAIAN TANGAN, BAHU dari keseluruhan anggota badan,telapak tangan, jari-jarilah yang paling pokok di gunakan.

Demikian posting dari Djiwo,silahkan lanjut baca di postingan berikutnaya,,,,salam budaya,,!! 

No comments:

Post a Comment